Selasa, 22 Februari 2011

Cara Membawa Hamster Bepergian

Sering kali kita perlu membawa hamster untuk jarak jauh. Entah itu karena kita pindahan, atau karena hamster dihibahkan, atau karena hamster baru dijualbelikan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah tiga pantangan besar untuk hamster:
Basah, Panas, Angin Kencang.

Indonesia beriklim tropis, sehingga bukan hal baru lagi jika di musim kemarau suhu udara mampu mencapai 38 deg C. Padahal hamster berasal dari daerah sub-tropis, sehingga hamster tidak tahan panas. Lalu bagaimana kalau kita mau membawa hamster di cuaca panas?

Beberapa membuat kesalahan dengan membawa hamster di kantong plastik, dengan alasan: biar gampang. Padahal, dengan dibungkus kantong plastik, sirkulasi udara tidak baik. Kalau sudah demikian, hamster akan berkeringat, sehingga tubuh hamster akan basah, tinggal tunggu waktu aja buat menghadap Yang Maha Kuasa. Lalu bagaimana? Ada yang kasih usul pake kandang terbuka aja (baca: kandang berjeruji). Lah, kalau naik motor? ANGIN yang berhembus akan terlalu kencang buat hamster. Walaupun padang rumput tempat hamster hidup selalu bertiup angin kencang, tapi hamster hidup di dasar tanah, tertutup oleh rimbunnya rumput yang tinggi-tinggi. Jadi angin cukup tertahan. Jadi, tinggal tunggu maut lagi deh... Pernah terjadi di kamar, Hamster dikasih kipas angin ekstra kenceng pada 100 hamster. Dalam waktu 3 hari, 20% populasi mati... Mengapa? Yang mati selidik punya selidik ternyata kena hembusan kipas angin. Padahal maksudnya biar gak panas.

Jadi bagaimana caranya membawa hamster bepergian?

- Jika membawa menggunakan motor. Untuk menghindari angina kencang, makanya hamster diletakkan di wadah tertutup seperti container kura-kura atau seperti wadah Tupperware, hanya aja dibolongi di tutupnya, agar ada sirkulasi udara. Kemudian, dilindungi dengan menggunakan kain atau tas, agar tidak terkena terik matahari langsung.

- Jika membawa hamster dengan mobil. Nah, biasanya saya membawa hamster menggunakan mobil, kalau bawa hamster pada malam hari sih, tidak ada masalah, tapi bagaimana kalau bawanya siang hari bolong pas musim kemarau? Kalau AC mobil dingin sih, ya ga masalah, terus kalau AC mobil lagi ngadat alias rusak? Mending hamster-nya di tutup pakai kain yang berwarna terang, agar tidak terkena terik matahari langsung dan warna terang akan lebih sedikit menyerap kalor daripada warna gelap.

- Kalau lagi rajin, coba aja sebelum membawa hamster bepergian di cuaca yang panas, buat deh es batu yang dibuat di bolot plastik. Terus masukin deh di tas tempat membawa hamster. Jangan dimasukin ke kontainer hamsternya yah…Nanti jadi es hamster! Maksudnya biar tetep adem gitu hamsternya.

- Jika jarak perjalanannya jauh, maka sediakan makanan dan air minum untuk hamster secukupnya, atau kalau mau praktis, kasih makan taoge selama perjalanan. Taoge kan banyak mengandung air, jadi tidak perlu repot membawa botolminum hamster.


NB : Hamzter adalah makhluk hidup, bukan barang untuk lucu2an... Jadi usahakanlah jika kalian membeli hamzter,atau adik atau anak Anda yang merengek meminta membelikan, tolong dipikirkan ulang apa Anda sudah benar2 siap memelihara Hamzter? Sebenarnya tidak hanya Hamzter... Ini berlaku untuk semua binatang peliharaan...
Karena kasian juga kalau orang membeli petz hanya tertarik karena lucunya saja tanpa mempertimbangkan dan berpikir panjang...
Saya sendiri menjual anak2 Hamzter saya... Itupun juga melahirkannya banyak, saya menjualnya hanya 2-3 saja.. Dan saya biasanya menjualnya juga lihat2 dulu orangnya... Jangan sampai hamz-hamz yang saya sayangi ini jatuh ke tangan yang salah T___T Jadi maap yah buat ibu2 dan anaknya yang dateng td pagi kerumah... si anak dengan gemasnya mencocok cocok hamz-hamz dengan sendok plastik penyendok kotoran hamz-hamz... Saya langsung shock!!!!Tiba-tiba saya jadi membayangkan hamz-hamz saya akan dimandikan dengan air oleh si anak... kemudian dibawa berlari2 dibawah sinar matahari... O_O ooohhh Noooooooooo!!!! Hikssss..... 


sumber: http://allabouthamzhamz.blogspot.com/

2 komentar:

  1. mau tanya hamster aku jnis anggora , tp knpa klu d ksih minum gak prnah minum ya?

    BalasHapus
  2. hemster saya sedang hamil. mau di bawa perjalanan +-2 jam, berbahaya gk?

    BalasHapus